Ads 468x60px

Rabu, 30 November 2011

Biografi Phytagoras Matematikawan


^Pythagoras
Lahir : Samos, sekitar 569 SM
Meninggal : sekitar 475 SM


Pythagoras sering digambarkan sebagai matematikawan murni pertama. Dia adalah sosok yang sangat penting dalam pengembangan matematika. Masyarakat yang ia pimpin, setengah keagamaan dan setengah ilmiah, diikuti kode rahasia yang tentu berarti bahwa hari ini Pythagoras adalah sosok misterius.






Rincian kehidupan Pythagoras dari biografi awal yang menggunakan sumber-sumber asli penting belum ditulis oleh penulis yang atribut kekuatan ilahi kepadanya, dan yang bertujuan untuk menyajikan dirinya sebagai dewa. Ada kesepakatan cukup baik pada peristiwa-peristiwa utama dalam hidupnya tetapi sebagian besar tanggal diperdebatkan dengan para ahli yang berbeda memberikan tanggal yang berbeda dengan 20 tahun. Beberapa sejarawan memperlakukan semua informasi ini hanya sebagai legenda tetapi, bahkan jika pembaca memperlakukannya dengan cara ini, menjadi semacam catatan awal sejarah itu penting.






Ayah Pythagoras Mnesarchus, sementara ibunya Pythais dan dia adalah penduduk asli Samos. Mnesarchus adalah seorang pedagang yang datang dari Tirus, dan ada cerita bahwa ia membawa jagung ke Samos pada masa kelaparan dan mendapat kewarganegaraan dari Samos sebagai tanda syukur. Sebagai seorang anak Pythagoras menghabiskan tahun-tahun awal di Samos, tapi melakukan perjalanan secara luas dengan ayahnya. Sedikit yang diketahui tentang Pythagoras masa kanak-kanak. Semua account dari penampilan fisik cenderung fiktif kecuali deskripsi yang mencolok Pythagoras tanda lahir yang sudah di pahanya.






Ada kemungkinan bahwa dia mempunyai dua saudara laki-laki. Tentu saja ia berpendidikan tinggi, belajar memainkan kecapi, belajar membaca puisi dan Homer. Ada, di antara guru-gurunya, tiga filsuf yang mempengaruhi Pythagoras ketika ia masih muda. Salah satu yang paling penting adalah Pherekydes yang banyak menggambarkan sebagai guru dari Pythagoras. Dua filsuf lain yang mempengaruhi Pythagoras, dan untuk memperkenalkan dia untuk ide-ide matematika, adalah Thales dan muridnya Anaximander yang keduanya tinggal di Miletus. dikatakan bahwa Pythagoras mengunjungi Thales di Miletus ketika ia berusia antara 18 dan 20 tahun. Pada saat ini, Thales adalah seorang lelaki tua dan menyarankan Pythagoras untuk pergi ke Mesir untuk mempelajari lebih lanjut mata pelajaran ini. Anaximander jelas tertarik pada geometri dan kosmologi dan banyak ide-idenya akan mempengaruhi pandangan Pythagoras sendiri.






Hal ini terjadi beberapa tahun setelah merebut kekuasaan tiran Polycrates kota Samos. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa Pythagoras dan Polycrates yang ramah pada awalnya dan diklaim bahwa Pythagoras pergi ke Mesir dengan surat pengantar yang ditulis oleh Polycrates. Bahkan Polycrates punya aliansi dengan Mesir dan oleh karena itu ada hubungan kuat antara Samos dan Mesir pada saat ini. Menurut Porphyry Pythagoras ditolak masuk ke semua kuil kecuali satu di mana ia Diospolis diterima menjadi imam setelah menyelesaikan ritual yang diperlukan untuk masuk.






Pada 525 SM Cambyses II, raja Persia, menyerang Mesir. Polycrates meninggalkan aliansi dengan Mesir dan mengirim 40 kapal untuk bergabung dengan armada Persia melawan Mesir. Setelah Cambyses telah memenangkan Pertempuran Pelusium di Delta Nil dan telah menangkap Heliopolis dan Memphis. Pythagoras menjadi tawanan dan dibawa ke Babel.






Iamblichus menulis bahwa Pythagoras dibawa oleh para pengikut Cambyses sebagai tawanan perang. Sementara dia di sana ia dengan senang hati terkait dengan Magoi. dan itu diperintahkan dalam ritus suci mereka dan belajar tentang penyembahan yang sangat mistis para dewa. Dia juga mencapai kesempurnaan di Acme aritmetika dan musik dan yang lain ilmu-ilmu matematika yang diajarkan oleh orang Babel.






Pada sekitar 520 SM Pythagoras meninggalkan Babel dan kembali ke Samos. Polycrates telah tewas dalam sekitar 522 SM dan Cambyses meninggal pada musim panas tahun 522 SM. Kematian para penguasa ini mungkin merupakan faktor Pythagoras kembali ke Samos tetapi mana menjelaskan bagaimana Pythagoras diperoleh kebebasannya. Darius dari Persia telah menguasai Polycrates Samos setelah kematian dan dia akan menguasai pulau Pythagoras kembali. Ini bertentangan dengan rekening Porphyry dan Diogenes Laertius yang menyatakan bahwa Polycrates masih mengendalikan Samos ketika Pythagoras kembali ke sana.






Pythagoras melakukan perjalanan ke Kreta tidak lama setelah ia kembali ke Samos untuk mempelajari sistem hukum di sana. Kembali di Samos ia mendirikan sebuah sekolah yang disebut setengah lingkaran. Iamblichus menulis bahwa ia membentuk sebuah sekolah di kota yang ‘setengah lingkaran’ dari Pythagoras, yang dikenal dengan nama itu bahkan sampai hari ini.






Mereka melakukan ini karena mereka berpikir satu harus mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan tentang kebaikan, keadilan dan kebijaksanaan di tempat ini yang didirikan oleh orang yang membuat mata pelajaran semua bisnisnya. Di luar kota gua dia membuat situs pribadi sendiri ajaran filosofis, menghabiskan sebagian besar malam dan siang hari di sana dan melakukan penelitian ke dalam penggunaan matematika.






Pythagoras meninggalkan Samos dan pergi ke Italia selatan pada sekitar 518 SM. Iamblichus memberikan beberapa alasan untuk dia pergi. Pertama dia komentar tentang tanggapan atas Samian metode pengajaran. ia mencoba untuk menggunakan metode pengajaran simbolis yang serupa dalam segala hal untuk pelajaran-pelajaran yang telah belajar di Mesir. Para Samians tidak terlalu tertarik pada metode ini dan memperlakukan dia dengan kasar dan dengan cara yang tidak tepat.






Ini menurut Iamblichus digunakan sebagian sebagai alasan untuk Pythagoras meninggalkan Samos. Pythagoras diseret ke dalam segala macam misi-misi diplomatik oleh sesama warga dan dipaksa untuk berpartisipasi dalam urusan publik. Dia tahu bahwa semua para filsuf sebelum dirinya telah berakhir hari-hari mereka di tanah asing sehingga ia memutuskan untuk menghindari semua tanggung jawab politik, menyatakan sebagai alasan-nya, menurut beberapa sumber, penghinaan yang telah Samians untuk metode pengajaran-Nya.






Pythagoras mendirikan sebuah filosofis dan sekolah agama di Croton (sekarang Crotone, di sebelah timur tumit selatan Italia) yang memiliki banyak pengikut. Pythagoras adalah kepala masyarakat dengan lingkaran yang dikenal sebagai pengikut mathematikoi. Mereka diajar oleh Pythagoras sendiri dan mematuhi aturan ketat. Keyakinan bahwa Pythagoras diadakan adalah ahwa pada tingkat yang paling dalam, realitas matematika di alam, bahwa filsafat dapat digunakan untuk pemurnian rohani, bahwa jiwa dapat naik ke persatuan dengan yang ilahi, bahwa simbol-simbol tertentu memiliki makna mistis, dan bahwa semua saudara-saudara dari ordo harus mengamati kesetiaan dan kerahasiaan yang ketat.






Laki-laki dan perempuan diperbolehkan untuk menjadi anggota Serikat, bahkan beberapa wanita kemudian menjadi terkenal filsuf Pythagorean. Lingkaran luar Society dikenal sebagai akousmatics dan mereka tinggal di rumah-rumah mereka sendiri, hanya datang ke Masyarakat di siang hari. Tentu saja sekolah membuat kontribusinya yang besar terhadap matematika, dan mungkin akan cukup yakin tentang beberapa kontribusi matematika Pythagoras. Pertama kita harus jelas dalam arti apa Pythagoras dan mathematikoi sedang belajar matematika.






Mereka tidak bertindak sebagai kelompok riset matematika modern tidak di universitas atau lembaga lain. Pythagoras tertarik pada prinsip-prinsip matematika, konsep jumlah, konsep segitiga atau tokoh matematika dan gagasan abstrak bukti. Bahkan hari ini kita telah menjadi begitu matematis canggih sehingga kita gagal bahkan untuk mengenali 2 sebagai kuantitas abstrak. Ada langkah yang luar biasa dari 2 kapal + 2 kapal = 4 kapal, dengan hasil abstrak 2 + 2 = 4, yang tidak hanya berlaku untuk kapal tetapi pena, orang, rumah dll. Ada langkah lain untuk melihat bahwa gagasan abstrak dari 2 itu sendiri adalah suatu hal, dalam arti tertentu setiap bit nyata seperti kapal atau rumah.






Pythagoras percaya bahwa semua hubungan dapat dikurangi ke nomor hubungan. Seluruh kosmos adalah suatu skala dan angka. Generalisasi ini berasal dari pengamatan Pythagoras dalam bidang musik, matematika dan astronomi.. Pythagoras memperhatikan bahwa senar bergetar menghasilkan nada yang harmonis ketika rasio panjang senar dari seluruh nomor, dan bahwa rasio ini dapat diperluas ke instrumen lain. Bahkan Pythagoras membuat kontribusi luar biasa pada teori matematika musik.. Dia adalah musisi yang baik, memainkan kecapi, dan dia menggunakan musik sebagai sarana untuk membantu mereka yang sakit.






Pythagoras mempelajari sifat angka yang akan dikenal oleh matematikawan hari ini, seperti angka genap dan yang ganjil, angka segitiga, angka sempurna dll. Namun untuk nomor Pythagoras memiliki kepribadian yang kita tidak mengakui sebagai matematika hari ini. Setiap angka mempunyai kepribadian sendiri – maskulin atau feminin, sempurna atau tidak lengkap, cantik atau jelek.






Perasaan ini matematika modern telah sengaja dihilangkan, tapi kita masih menemukan nada itu dalam fiksi dan puisi. Sepuluh adalah nomor terbaik: itu sendiri yang terdapat dalam empat bilangan bulat pertama [1 + 2 + 3 + 4 = 10] dan ini ditulis dalam notasi titik membentuk segitiga sempurna.


Tentu saja hari ini kita terutama mengingat Pythagoras untuk geometri teorema yang terkenal. Walaupun teorema, sekarang dikenal sebagai Teorema Pythagoras, dikenal ke Babel 1000 tahun yang lalu, ia mungkin telah menjadi orang pertama yang membuktikannya. Setelah Pythagoras mengubah studi geometri ke pendidikan liberal, memeriksa prinsip-prinsip ilmu dari awal dan memeriksa teorema dalam imaterial dan cara intelektual. ia itu adalah yang menemukan teori irasional dan pembangunan angka kosmis.






Heath memberikan daftar dihubungkan dengan teorema Pythagoras, atau lebih tepatnya lebih umum ke Pythagorean.






(i) jumlah sudut sebuah segitiga adalah sama dengan dua sudut siku-siku. Juga Pythagorean tahu generalisasi yang menyatakan bahwa poligon dengan n sisi mempunyai jumlah sudut 2n. 4 sudut siku-siku dan jumlah sudut-sudut eksterior sama dengan empat sudut siku-siku.






(ii) Teorema Pythagoras – untuk sebuah segitiga siku kanan alun-alun di sisi miring sama dengan jumlah kuadrat di dua sisi lainnya. Kita harus mencatat di sini bahwa untuk Pythagoras persegi pada sisi miring tentu saja tidak akan dianggap sebagai sebuah angka dikalikan dengan sendirinya, melainkan sebagai geometri persegi yang dibangun di samping. Untuk mengatakan bahwa jumlah dari dua kuadrat adalah sama dengan persegi ketiga berarti bahwa dua kotak bisa dipotong dan disusun ulang untuk membentuk persegi identik dengan alun-alun ketiga.






(iii) Membangun tokoh daerah tertentu dan geometri aljabar. 






(iv) Penemuan irrationals. Hal ini tentunya dikaitkan dengan Pythagorean tapi tampaknya tidak mungkin disebabkan oleh Pythagoras sendiri.. Hal ini berlangsung terhadap filsafat Pythagoras semua hal angka, karena dengan nomor yang berarti rasio dua bilangan bulat. Namun, karena keyakinannya bahwa semua hal angka itu akan menjadi tugas alam untuk mencoba membuktikan bahwa sisi miring dari sebuah segitiga siku sama kaki kanan memiliki panjang terkait dengan satu nomor.






(v) biasa lima makanan padat. Diperkirakan bahwa Pythagoras sendiri tahu bagaimana untuk membangun tiga tetapi tidak mungkin bahwa ia akan tahu bagaimana membangun dua lainnya.






(vi) Dalam astronomi Pythagoras mengajarkan bahwa bumi itu bulat di tengah Semesta.. Ia juga mengakui bahwa orbit Bulan ini cenderung ekuator Bumi dan dia adalah salah satu orang pertama yang menyadari bahwa Venus sebagai bintang malam adalah planet yang sama sebagai Venus sebagai bintang pagi.










Namun, Pythagoras adalah filsuf. Selain keyakinannya tentang angka, geometri dan astronomi yang dijelaskan di atas, ia memegang ajaran filosofis dan etis. ketergantungan dinamika struktur dunia pada interaksi pertentangan, atau pasang berlawanan; untuk melihat jiwa sebagai nomor bergerak sendiri mengalami suatu bentuk metempsychosis, atau berturut-turut reinkarnasi dalam spesies yang berbeda sampai akhirnya pemurnian (khususnya melalui kehidupan intelektual ketat etis Pythagorean); dan pemahaman bahwa semua benda yang ada pada dasarnya terdiri dari bentuk dan bahan tidak substansi. Doktrin Pythagoras lebih lanjut otak diidentifikasi sebagai lokus jiwa dan resep praktek pemujaan rahasia tertentu.






Pythagoras pergi ke Delos pada 513 SM untuk perawat Pherekydes guru tuanya yang sedang sekarat. Ia tinggal di sana selama beberapa bulan sampai kematian teman dan guru dan kemudian kembali ke Croton.






Pada tahun 510 SM Croton menyerang dan mengalahkan tetangganya Sybaris dan ada beberapa saran yang jelas Pythagoras menjadi terlibat dalam sengketa.






Kemudian pada sekitar 508 SM Pythagoras Croton Society di diserang oleh Cylon, yang mulia dari Croton itu sendiri. Pythagoras melarikan diri ke Metapontium dan yang paling penulis mengatakan dia meninggal di sana, beberapa mengklaim bahwa ia bunuh diri karena serangan di Masyarakat.






Iamblichus dalam mengutip satu versi kejadian






“Cylon, seorang warga negara terkemuka Crotoniate dan kelahiran, ketenaran dan kekayaan, tetapi sebaliknya yang sulit, kekerasan, mengganggu dan dibuang tyrannically manusia, dengan semangat yang diinginkan untuk berpartisipasi dalam cara hidup Pythagoras. Dia mendekati Pythagoras, kemudian seorang lelaki tua, tetapi ditolak, karena cacat karakter yang baru saja dijelaskan. Ketika ini terjadi Cylon dan teman-temannya bersumpah untuk melakukan serangan yang kuat Pythagoras dan para pengikutnya. Jadi semangat yang kuat diaktifkan agresif Cylon dan para pengikutnya untuk menganiaya Pythagorean untuk laki-laki yang terakhir. Karena ini berangkat Metapontium Pythagoras dan ada dikatakan telah berakhir hari-harinya.”






Ini tampaknya diterima oleh sebagian besar tapi Iamblichus sendiri tidak menerima versi ini dan berpendapat bahwa serangan Cylon adalah urusan kecil dan bahwa Pythagoras kembali ke Croton. Tentu Masyarakat Pythagoras berhasil selama bertahun-tahun setelah ini dan menyebar dari Croton ke banyak kota-kota Italia lainnya. Gorman berpendapat bahwa ini adalah alasan kuat untuk percaya bahwa Pythagoras kembali ke Croton dan kutipan-kutipan bukti lain seperti usia dilaporkan secara luas Pythagoras sebagai sekitar 100 pada saat kematiannya dan fakta bahwa banyak sumber mengatakan bahwa Pythagoras mengajarkan Empedokles untuk mengklaim bahwa ia harus hidup dengan baik setelah 480 SM.






Bukti jelas mengenai kapan dan di mana kematian Pythagoras terjadi. Tentu Masyarakat Pythagoras berkembang pesat setelah 500 SM, menjadi politik di alam dan juga tumpah ke dalam sejumlah faksi. Pada tahun 460 SM Society itu dipadamkan. Rumah-rumah pertemuan di mana-mana dipecat dan dibakar; disebutkan secara khusus dari “rumah Milo” di Croton, di mana 50 atau 60 Pythagorean terkejut dan dibunuh. Mereka yang selamat mengungsi di Thebes dan tempat-tempat lain.


^Klik Skip Ad Di Samping Kanan

0 komentar:

Posting Komentar